Merek mewah Italia, Bottega Veneta, berpisah dengan direktur kreatif lama Tomas Maier, pemiliknya Kering mengumumkan pada hari Rabu setelah pasar tutup.

Mr Maier bergabung dengan merek pada tahun 2001, tahun yang sama diakuisisi oleh grup mewah Perancis. Dia berperan dalam memposisikan kembali Bottega Veneta sebagai rumah dari aliran klasik Italia yang keren, dan memberikan pertumbuhan yang besar. Minimalis, dengan apresiasi yang mendalam untuk warna mabuk, fabrikasi kualitas dan branding bersahaja, desainnya adalah antitesis dari gaya brasher yang modis pada saat itu, dan tandingan ke logomania.

Di Bottega Veneta, Tuan Maier dikenal karena karyanya dengan intrecciato, teknik menganyam artisanal yang diciptakan oleh merek tersebut di akhir tahun 1960-an di wilayah Veneto di Italia. Untuk periode selama pertengahan noughties proses itu identik dengan kekayaan siluman dan luhur selera yang baik. Di bawah Mr Maier, Bottega Veneta menggandakan pendapatannya dan pada satu titik adalah merek mewah terbesar kedua di stabil setelah Gucci.

Tapi beberapa tahun terakhir telah melihat rumah berjuang untuk tetap relevan dan pengembalian dua digit di Gucci milik Kering, Saint Laurent dan Balenciaga telah menghindari itu. Berturut-turut kuartal pertumbuhan negatif dan kegagalan untuk melibatkan basis klien milenium baru membuat Bottega Veneta datang kemandekan.

Sementara penjualan seperti-untuk-suka di Gucci melonjak 48,7 persen pada kuartal pertama dan pendapatan naik 19,6 persen di Saint Laurent, Bottega Veneta hanya memperoleh 0,7 persen selama tiga bulan pertama tahun ini, setelah mencatat 2,4 per satu yang diredam sen pertumbuhan selama 2017. Keseluruhan penjualan Kering melonjak 27,2 persen tahun lalu menjadi € 15,5 miliar dan kelompok menyampaikan rekor pendapatan operasional € 2,95 miliar, naik 56,3 persen dalam 12 bulan.

Kering telah mencoba untuk mengubah kinerja di Bottega Veneta melalui “rencana aksi” yang mencakup program digital yang dirancang untuk memikat pelanggan baru dan meningkatkan penawaran milenium. Dipimpin oleh kepala eksekutif Claus-Dietrich Lahrs dan Mr Maier, Bottega Veneta juga telah mencoba untuk memposisikan jaringan tokonya dengan lebih baik. Mr Maier berbasis di AS, di mana dia juga mendesain label pakaian renang yang eponim. Penggantinya belum diumumkan.

François-Henri Pinault, ketua dan kepala eksekutif Kering, pada hari Rabu mengucapkan terima kasih kepada Mr Maier atas karyanya di merek Italia. “Ini sebagian besar karena tuntutan kreatif tingkat tinggi Tomas bahwa Bottega Veneta menjadi rumah seperti sekarang ini,” kata Mr Pinault dalam sebuah pernyataan. “Dia mengembalikannya ke adegan mewah dan menjadikannya referensi yang tak terbantahkan.”